Loading…

Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau Tahun 2024

Pembukaan Forum Perangkat Daerah

di publikasikan pada 15 March 2024 oleh Administrator


Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau mengadakan Forum Perangkat Daerah (FPD) dalam rangka menyamakan persepsi dalam pembangunan infrastruktur yang merata dan berwawasan lingkungan, di Aula H. M. Rusli Zainal Gedung Kantor Dinas PUPRPKPP, Kamis(14/03/2023). FPD merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintah daerah guna merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah. FPD adalah upaya Dinas untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang telah disusun dalam rancangan Renstra Perangkat Daerah. FPD sendiri diikuti oleh Dinas PUPR dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) yang ada di 12 (dua belas) kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

FPD Tahun 2024 ini mengangkat tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah Melalui Pemenuhan Pelayanan Dasar Bagi Masyarakat serta Pemenuhan Infrastruktur untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.” Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinas PUPRPKPP) Provinsi Riau, Muh. Arief Setiawan, MT langsung membuka acara FPD tersebut. Adapun  yang menjadi pemateri yakni Paidi, S.Hut, MT Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Badan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Provinsi Riau, dan Ferry Yunnanda, MT Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau.

Dalam paparannya Paidi menjabarkan 3 (tiga) point penting yakni:

Pertama tentang Pertumbuhan Ekonomi di Triwulan-IV tahun 2023, untuk PDRB Provinsi Riau berada di peringkat 6 nasional dan peringkat 2 provinsi diluar Pulau Jawa dibawah Sumatera Utara. Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5.05% diatas Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang hanya sebesar 4.21%. Indeks Pembangunan Manusia Provinsi mencapai angka 74,95 melewati Indeks Pembangunan Manusia Nasional diangka 74,39.

Kedua tentang Permasalahan dan Isu Strategis Pembangunan Infrastruktur. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Prasarana Dasar relatif rendah seperti belum berfungsinya secara optimal SPAM regional Durolis dan SPAM regional Pekanbaru-Kampar; Pemenuhan akses air minum layak masih rendah, keluarga berisiko stunting yang tidak mempunyai sumber air minum layak; Masih rendahnya sarana prasarana permukiman bagi disabilitas, persentase rumah tangga yang memiliki fasilitas buang air besar sendiri atau bersama dan tempat pembuangan akhir tinja. Layanan Infrastruktur dan Penunjang serta konektivitas masih terbatas seperti masih rendahnya kondisi jalan mantap di Provinsi Riau sebesar 64,94%; masih tinggi angka kecelakaan lalu lintas; belum optimalnya layanan integrasi antar moda (angkutan darat, angkutan laut dan angkutan udara).

Ketiga tentang Pencapaian Tujuan Rencana Pemabangunan Daerah yakni Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang berdaya saing; Meningkatkan kualitas infrastruktur; Mewujudkan Perekonomian yang berdaya saing dan inklusif; Meningkatkan Pembangunan Kebudayaan Melayu; Mewujudkan Pembangunan yang Berwawasan Lingkungan, Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

Paidi juga memaparkan tentang tema pembangunan Provinsi Riau tahun 2025 yaitu "Meningkatkan Pelayanan Dasar dan Tata Kelola serta Pemerataan Infrastruktur untuk Penguatan Ekonomi Daerah." Adapun prioritas Penbangunan yakni Peningkatan Pelayanan Dasar dan Kualitas Sumber Daya Manusia; Peningkatan Tata Kelola; Pemerataan Infrastruktur yang berkelanjutan serta Penguatan Ekonomi.

Sedangkan dalam paparannya Sekretaris Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau, Ferry Yunnanda, MT membahas 6 point yakni;

Pertama mengenai Tugas dan Fungsi Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau sesuai dengan Peraturan Gubernur Riau Nomor 53 Tahun 2023 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Kedua mengenai Kewenangan dan Tanggung Jawab yakni Penyelenggaraan Jalan; Penataan Bangunan Gedung; Infrastruktur Dasar; Kualitas Permukiman; Penatagunaan Sumber Daya Air; Penataan Ruang; Pertanahan dan Jasa Konstruksi.

Ketiga mengenai Permasalahan Provinsi Riau yakni Layanan Irigasi kurang dari 70%; Kemantapan Jalan (Aksesbilitas) kurang dari 70%; Layanan Air Minum kurang dari 100%; Legalisasi Peraturan Daerah RTRW pada Kabupaten/Kota kurang dari 100%; Kepemilikan Rumah Layak kurang dari 100%; Penurunan Kawasan Kumuh kurang dari 100%. Keempat mengenai Isu Strategis yakni Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Jaringan Irigasi mendukung Ketahanan Pangan; Peningkatan Dukungan Konektivitas bagi Penguatan Daya Saing; Penyediaan Sarana Prasaran Akses Pelayanan Dasar sebagi Upaya Pemenuhan SPM; Percepatan Legalisasi Peraturan Daerah RTRW Kabupaten/Kota; Peningkatan Akses Kepemilikan Rumah yang Layak dan Terjangkau bagi RTM dan MBR; Peningkatan Penyediaan Perumahan, Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman dan Penataan Kawasan Kumuh, Kelima mengenai Capaian Kinerja Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau dan Terakhir tentang Rencana Pembangunan Daerah 2025.

Seperti ditahun-tahun sebelumnya, FPD ini juga dibagi terdiri atas beberapa desk yakni Desk Bina Marga, Desk Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman, Desk Pertanahan dan Penataan Ruang, Desk Sumber Daya Air dan Desk Bina Jasa Konstruksi. FPD Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau Tahun 2024 menyepakati program dan kegiatan prioritas, dan indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan, yang telah diselaraskan dengan usulan kegiatan prioritas dari Forum Perangkat Daerah Provinsi Riau, kemudian juga menyepakati rancangan Renja Perangkat Daerah Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau Tahun 2024, menyepakati daftar usulan program dan kegiatan lintas Perangkat Daerah dan lintas wilayah, serta dijadikan sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD Provinsi Riau Tahun 2025.

 

Penulis : M. Wino Adi Putra, S.Kom


Berita Lainnya

BidangSekretariat

MEMPERINGATI ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW DI DINAS PUPRPKPP PROVINSI RIAU TAHUN 2024

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang,Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau mengadakan acara peringatan  Isra Miraj…....

Selengkapnya →
BidangSekretariat

Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau Tahun 2023

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau mengadakan Forum Perangkat Daerah (FPD) dalam…....

Selengkapnya →
BidangSekretariat

Judul: Peringatan hari Bakti PU ke -77 Tahun 2022, Sigap Membangun Negeri

Tanggal 3 Desember setiap tahunnya seluruh insan ke PU-an di Indonesia memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum. Peringatan ini mengingatkan kita kembali…....

Selengkapnya →
BidangSekretariat

Penyuluhan Kearsipan di Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau

Peningkatan kualitas dalam penataan arsip dan pengelolaan arsip akan turut meningkatkan transparansi lembaga negara, yang juga menjadi cerminan Reformasi…....

Selengkapnya →
BidangSekretariat

Cegah Penularan COVID-19

Pemerintah menyatakan peningkatan kewaspadaan menyusul penetapan Corona atau Covid-19 secara global menjadi Pandemi pada Kamis (12/3) oleh Badan Kesehatan…....

Selengkapnya →
Pencarian
Agenda

Like Us On Facebook
Follow As in Twitter
Love Us in Instagram
Subscribe Us in Youtube
Link Terkait
Si JAPRI Pekanbaru riau
Jumlah Pengunjung